Maria Quitéria, Pahlawan Perempuan dari Brazil

Maria Quiteria, Pahlawan Perempuan dari Brazil
Maria Quitéria 

Maria Quitéria
 adalah salah satu pahlawan perempuan dari Brazil. Ia memiliki nama lngkap Maria Quitéria de Jésus. Ia ikut serta dalam perang kemerdekaan Brazil. Maria Quitéria lahir pada tahun 27 Juni 1792 di provinsi Bahia, Brazil. Ia tidak pernah mendapatkan pendidikan formal,  meskipun begitu ia mahir berburu, menunggangi kuda, dan menggunakan senjata api dan kemampuan itulah yang nantinya berguna bagi Maria Quitéria

Sebelum merdeka, Brazil merupakan wilayah jajahan Portugis dan pada awal abad 19 gerakan nasionalisme dan kemerdekaan tengah berkecamuk di berbagai negara Amerika Latin termasuk Brazil. Tahun 1822 menjadi awal dari gerakan kemerdekaan Brazil sehingga konflik antara Portugis dan kubu pro-kemerdekaan Brazil tidak terelakkan. Untuk memperkuat kekuatan militer yang baru dibentuk, kubu pro-kemerdekaan Brazil merekrut warga yang mau untuk mempertaruhkan nyawanya demi kemerdekaan Brazil. 

Maria Quitéria menjadi salah satu sukarelawan yang tergabung dalam militer Brazil dengan menyamar sebagai laki-laki. Meskipun tindakan tersebut ditentang oleh ayahnya tetapi ia tetap bergabung untuk memperjuangkan kemerdekaan Brazil. 

Maria Quitéria ikut serta dalam beberapa pertempuran melawan Portugis di Bahia dan karir militernya melesat dengan cepat dimana ia berhasil meraih pangkat letnan pada Agustus 1823. Identitas aslinya sebagai perempuan akhirnya diketahui oleh atasannya tetapi Maria Quiteria tetap diizinkan bergabung dengan militer karena kemampuannya di medan perang. 

Maria Quitéria berpartisipasi dalam berbagai peperangan bersama batalionnya, beberapa di antaranya adalah perang di Ilha da Maré, Barra do Paraguaçu, Itapuã, dan Pituba.

Setelah Brazil memproklamasikan kemerdekannya, tentara Portugis tetap melancarkan serangkaian agresi di Brazi. Maria Quitéria, bersama prajurit laki-laki dan perempuan lainnya kembali berperang melawan Portugis, di hulu sungai Paraguaçu, Bahia.

Setelah Portugis mengalami kekalahan dan pergi dari Brazil, Maria Quitéria meraih penghargaan militer Cruziero do Sul (Southern Cross) yang dinobatkan langsung oleh pemimpin Brazil, kaisar Dom Pedro I, atas keberaniannya di medan perang. Selanjutnya, Maria Quitéria kembali ke kampung halamannya di Bahia dan berkeluarga kemudian ia pindah ke Salvador dan menghabiskan hidupnya disana hingga kematiannya pada tahun 1853.

Karena reputasi baiknya di bidang militer, ia dijuluki sebagai Joan of Arc dari Brazil. Setelah wafat ia dimakamkan di gereja Santíssimo Sacramento e Sant'Ana. Maria Quitéria dikenang sebagai pahlawan nasional di Brazi. Pada tahun 1953, seratus tahun setelah kematiannya, sebuah medali kehormatan dikeluarkan oleh militer Brazil yang terinspirasi dari perjuangan Maria Quitéria. Medali tersebut dinamakan "Medali Maria Quitéria" dan diberikan kepada militer maupun warga sipil yang memiliki kontribusi bagi militer Brazil. Berdasarkan dekret presiden tahun 1996, Maria Quitéria dijadikan patron pada  Kesatuan Staff Pendukung di militer Brazil.


Referensi: 

Pusteblume, S. (2018). Maria Quitéria – The Brazilian Joan of Arc. Retrieved from History Heroines: https://brasilescola.uol.com.br/biografia/maria-quiteria.htm

Belum ada Komentar untuk "Maria Quitéria, Pahlawan Perempuan dari Brazil"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel