Ennio Morricone, Maestro di Balik Soundtrack Film

Ennio Morricone, Maestro di Balik Soundtrack Film-film Hollywood

Kehidupan Awal Ennio Morricone

Ennio Morricone adalah komposer dan music director asal Italia. Ia lahir di Roma pada 10 November 1928. Ia adalah maestro musik yang banyak berkontribusi dalam pembuatan soundtrack banyak film Hollywood. Ennio Morricone telah mempelajari musik di conservatory Santa Cecilia sejak usia 12 tahun. di sana Ennio Morricone belajar terompet, komposisi musik, dan paduan suara.

Ennio Morricone mulai menciptakan lagu pada usia 6 tahun. Lagu pertama yang diciptakan Ennio Morricone berjudul "Il Mattino" (The Morning). Setelah menamatkan pendidikannya dari conservatory, Ennio Morricone banyak menciptakan lagu yang terinspirasi dari puisi-puisi klasik Italia seperti "Intimità" karya  Giacomo Leopardi dan "Distacco I" & "Distacco II" karya R. Gnoli. Lagu-lagu yang ia ciptakan kerap dinyanyikan oleh penyanyi-penyanyi klasik.

Ennio Morricone Menciptakan Lagu untuk Rekaman di Radio

Pada tahun 1950, Ennio Morricone mulai menciptakan lagu untuk kepentingan komersil di radio. Lagu pop ciptaannya berjudul "Mamma Bianca" yang dinyanyikan oleh Narciso Parigi dalam rangka perayaan "Anno Santo" (Tahun Suci), lagu ini akhirnya dijadikan lagu pujian Katolik yang kerap diputar di radio.

Ennio Morricone banyak bermain musik serta menciptakan lagu pop dan jazz pada tahun 1956, di televisi nasional Italia, RAI. Selanjutnya, Ennio Morricone bekerja di RCA Victor, bersama dengan penyanyi papan atas Italia seperti: Renato Rascel, Rita Pavone, Domenico Modugno, dan Mario Lanza.

Tahun 1963, Ennio Morricone bekerja sama dengan Roby Ferrante untuk menciptakan lagu berjudul "Ogni volta" ("Every Time"), lagu ini kemudian dinyanyikan oleh penyanyi pop Amerika Serikat, Paul Anka pada festival musik bergengsi di Italia, Festival di San Remo pada 1964. Lagu ciptaan Ennio Morricone ini terjual sebanyak lebih dari 3 juta copy di seluruh dunia.

Lagu ciptaan Ennio Morricone lainnya yang mendulang kesuksesan besar adalah "Se telefonando" yang dibawakan oleh penyanyi pop Italia, Mina, lagu tersebut menjadi lagu dan album dengan penjualan terbanyak pada tahun 1966. Lagu ciptaan maestro Ennio Morricone itu tidak hanya sukses secara komersil, lagu ini merupakan karya musik yang indah dan megah karena memiliki kombinasi melodi terompet, drum kontemporer, gesekan biola, paduan suara wanita, dan tiupan trombon.

Ennio Morricone Maestro di Balik Soundtrack Film

Tahun 1961 adalah tahun yang menandai maestro Ennio Morricone untuk memulai membuat berbagai soundtrack film. Film pertama yang ia ciptakan soundtraknya berjudul "Il Federale" (The Fascist). Sejak saat itu, ia lebih aktif menciptakan berbagai soundtrack film untuk beragam genre, seperti film comedy: Menage all'italiana (Menage Italian Style, 1965), How I Learned to Love Women (Come imparai ad amare le donne, 1966), Her Harem (L'harem, 1967), A Fine Pair (Ruba al prossimo tuo, 1968), dan L'Alibi (1969). Film horror & thriller: The Cat o' Nine Tails (1970), The Stendhal Syndrome (1996), dan The Phantom of the Opera (1998).

Karena bakat istimewa tersebut, Ennio Morricone banyak diajak berkolaborasi membuat score musik dengan aktor dan sutradara film ternama seperti: Marlon Brando pada film "Queimada!", Bernardo Bertolucci dalam film "Novecento", hingga Pier Paolo Pasolini untuk membuat soundtrack film sadis, "Salò (120 Days of Sodom)".

Ennio Morricone, Maestro di Balik Soundtrack Film-film Hollywood

Sejak tahun 1970an, Ennio Morricone mulai membuat score musik untuk film-film Hollywood. Score musik ciptaan pertama pada karirnya di Hollywood adalah soundtrack untuk film religi, The Bible: In the Beginning. 

Selanjutnya, ia menciptakan komposisi untuk film "Two Mules for Sister Sara" yang dibintangi oleh Shirley MacLaine dan Clint Eastwood. Ennio Morricone juga menciptkan lagu berjudul "The Men from Shiloh" untuk serial TV "The Virginian".

Pada tahun 1974-1975, Ennio Morricone dipercaya untuk membuat soundtrack film horror Hollywood berjudul "The Exosrcist". Pada 1978, ia menciptakan score musik untuk film "Days of Heaven" yang dibintangi aktor Richard Gere. Lagu ciptaan Ennio Morricone dalam film ini memenangkan penghargaan "Best Original Film" score dalam Academy Awards (Oscar).

Ennio Morricone banyak bekerja sama dengan sutradara film Hollywood bergenre Western, Sergio Leone. Setelah bekerja sama dengan Sergio, Ennio Morricone menciptakan soundtrack untuk film-film Western Hollywood seperti: "A Fistful of Dollars" (1964), "For a Few Dollars More" (1965), "The Good, The Bad and The Ugly" (1966), "Once Upon a Time in The West" (1968) dan "A Fistful of Dynamite" (1971). Soundtrack film "The Good, The Bad and The Ugly" ciptaan Ennio Morricone bahkan menerima piala Oscar dan tercatat dalam "Grammy Hall of Fame".

Ennio Morricone juga pernah bekerja sama dengan sutradara kawakan, Quentin Tarantino, untuk membuat soundtrack film "The Hateful Eight" pada tahun 2006. Meski Ennio Morricone tidak memenangkan piala Oscar untuk kategori Best Original Score pada tahun tersebut, ia tetap mendapatkan penghargaan Oscar khusus atas kontribusinya dalam musik dalam dunia perfilman Hollywood.

Meski telah berkarir sebagai pencipta soundtrack untuk film-film Hollywood, Ennio Morricone tetap menciptakan lagu untuk film-film Italia, seperti: "Sacco e Vanzetti", "Cinema Paradiso", dan "Malena".
 

Komposisi Orkestra Ennio Morricone

Selain soundtrack film, maestro Ennio Morricone juga banyak menciptakan karya untuk orkestra seperti: Concerto per Orchestra n.1 (1957), Frammenti di Eros (1985), Cantata per L’Europa (1988), UT, per tromba, archi e percussioni (1991), Ombra di lontana presenza (1997), Voci dal silenzio (2002), Sicilo ed altri frammenti (2007), dan Vuoto d’anima piena (2008).

Penghargaan-penghargaan Maestro Ennio Morricone

Kontribusi maestro Ennio Morricone dalam industri musik, membuahkan banyak penghargaan, seperti 7 nominasi Oscar, 5 piala BAFTAs, 7 penghargaan David Di Donatellos, 8 penghargaan Nastri D’argento, 3 Golden Globes, 1 Grammy Award, dan 1 penghargaan European Film Award. 

Pada tahun 2009, Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, juga menganugerahkan gelar kebangsawanan Prancis "Knight in the Order of the Legion of Honor" kepada maestro Ennio Morricone. Komposer  ternama Hollywood, Hans Zimmer yang menggarap score music "Batman: The Dark Knights" juga menganggap bahwa Ennio Morricone adalah legenda dalam musik di Hollywood.

Akhir Hayat Ennio Morricone

Ennio Morricone menhembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 6 Juli 2020 silam pada usia 91 tahun. Ia meninggal dunia di Roma, Italia akibat kecelakaan yang mengakibatkan patah tulang panggul. Kepergian sang maestro menyisakan duka mendalam bagi insan perfilman di seluruh dunia. Banyak aktor, sutradara, komposer, dll seperti Bernard Sumner, Antonio Banderas, Edgar Wright, dan Monica Bellucci yang menyampaikan ucapan belasungkawa atas kepergian sang maestro.

Arrivederci, Maestro

Referensi:

Belum ada Komentar untuk "Ennio Morricone, Maestro di Balik Soundtrack Film"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel