4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Undang-undang Pemicu Kemerdekaan Amerika Serikat

4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat

Pada tahun 1765, parlemen Inggris menerbitkan berbagai kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan pendapatan kerajaan Inggris dari koloni-koloni di Amerika. Dua di antaranya melalui UU Perangko tahun 1765 dan UU Townshed tahun 1767. 

Akar permasalah ini terletak pada pengesahan UU teh pada bulan Mei 1767, yang mengizinkan perusahaan British East India menjual teh dari Tiongkok di Amerika tanpa membayar pajak.

4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat


Pedagang lokal dan demonstran dari organisasi Sons of Liberty menentang keras undang-undang tersebut dengan cara menghancurkan kiriman yang dibawa oleh British East India. Para pedagang dan demonstran (beberapa diantaranya berdandan seperti Native American) naik ke kapal dan melempar peti-peti berisi teh ke laut. Peristiwa ini akhirnya tercatat dalam sejarah Amerika dengan nama The Boston Tea Party.

Mereka meneriakkan slogan “tidak ada pajak tanpa perwakilan”. Artinya, mereka hanya mau dikenai pajak oleh perwakilan mereka sendiri, yang mereka pilih sendiri. Bukan dari Parlemen Inggris yang tidak mewakili mereka.

Parlemen Inggris akhirnya mengesahkan UU Paksaan pada tahub 1774. Perwakilan koloni-koloni Amerika menganggap UU tersebut sebagai pelanggaran Konstitusi Inggris dan juga ancaman bagi nasib kebebasan di Amerika.

Amerika Serikat merespon hal tersebut dengan menggelar Kongres Kontinental Pertama yang diadakan bulan September 1774. Kongres kemudian mengorganisir gerakan boikot barang-barang impor bikinan Inggris. Mereka juga membuat petisi yang dialamatkan kepada Raja Inggris untuk membatalkan UU Paksaan.

Setelah petisi itu dikeluarkan, hubungan antara koloni dan kerajaan Inggris semakin memburuk. Raja Inggris menolaknya, meski koloni menginginkan rekonsiliasi tetap dijalankan. Akan tetapi, pada Kongres Kontinental Kedua di Pennsylvania State House di Philadelphia pada Mei 1775, harapan itu mulai pupus. Sebagai gantinya wacana untuk merdeka sekalian saja.

Perlawanan Amerika Serikat kepada Inggris

4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat
Pertempuran Lexington

Selanjutnya pertempuran Lexington antara pihak koloni Amerika dan tentara Inggris pecah. Tentara Inggris menawan pimpinan Amerika, yang memicu perlawanan. Perlawanan ini dipimpin oleh George Washington. Pada peristiwa tersebut, Inggris yang telah dibantu tentara bayaran dari Jerman mengalami kekalahan.

Sejak saat itu Amerika Serikat mulai melakukan pertempuran-pertempuran melawan Inggris. Perwakilan koloni pro-kemerdekaan terus melobi rekan-rekannya yang masih belum yakin atas deklarasi kemerdekaan. Selain itu, ada juga delegasi dari koloni yang dilarang untuk mengikuti gerakan tersebut.

Aktivis pro-kemerdekaan menuliskan pemikirannya dalam banyak publikasi, mereka merasa bahwa raja Inggris sudah tidaj mampu bertindak sebagai penghubung antara koloni dan Parlemen. Bentuk negara republik ditawarkan bagi koloni yang menginginkan kemerdekaan.

Pada bulan Januari 1776, dukungan publik terhadap kemerdekaan koloni menguat. Apalagi setelah muncul undang-undang yang memblokade pelabuhan-pelabuhan Amerika dan menjadikan status kapal-kapal Amerika sebagai kapal musuh oleh Inggris.

4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat


Memasuki bulan Juni 1776 dorongan untuk merdeka tidak dapat dibendung lagi. Koloni-koloni yang tadinya masih berbeda pendapat kini, sudah satu suara. Kongres Kontinental Kedua menunjuk Komite Lima untuk menulis rancangan deklarasi. Anggota komite lima terdiri dari John Adams dari Massachusetts, Benjamin Franklin dari Pennsylvania, Thomas Jefferson dari Virginia, Robert R. Livingston dari New York, dan Roger Sherman dari Connecticut.

Pada awal Juli 1776, ketika rancangan telah selesai, Kongres mengadakan pemungutan suara. Pada 2 Juli 13 kolini koloni sepakat untuk melepas ikatan dengan Inggris Raya. Ke-13 koloni tersebut adalah New Hampshire, Massachusetts Bay, Rhode Island & Providence Plantations, Connecticut, New York, New Jersey, Pennsylvania, Maryland, Delaware, Virginia, North Carolina, South Carolina, dan Georgia.

Akhirnya pada tanggal 4 Juli 1776 kongres di Amerika Serikat mengeluarkan Deklarasi yang mengumumkan Kemerdekaan. Deklarasi tersebut kemudian di tanda tangani oleh Thomas Jefferson. Isi deklarasi tersebut mengatakan bahwa hak dasar manusia adalah mendapatkan kesetaraan dalam kehidupan, kebebasan, kebahagiaan, dan persamaan hak lainnya untuk mencapai Negara yang berdaulat.

Belum ada Komentar untuk "4 Juli: Hari Kemerdekaan Amerika Serikat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel