Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya yang Terpisah-pisah

Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya yang Terpisah-pisah

Pada ajang pertandingan sepakbola internasional seperti Piala Dunia & Euro, Inggris selalu diwakili oleh empat timnas (tim nasional) utama sekaligus. Keempat Timnas tersebut adalah: Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia utara.

Skotlandia, Wales maupun Irlandia Utara bukanlah negara merdeka yang diakui, melainkan masih menjadi bagian dari Kerajaan Inggris Raya. Lalu kenapa mereka punya timnas masing-masing? Mengapa tidak digabung saja keempat timnas tersebut hingga terbentuk timnas Kerajaan Inggris Raya?

Tim Terpisah Sebagai Bentuk Penghormatan dari FIFA


Pembagian timnas Inggris Raya merupakan bentuk penghormatan dari FIFA. Hal ini disebabkan karena karena Inggris Raya merupakan negara penemu sepakbola modern. Sebelum FIFA syang merupakan otoritas sepakbola dunia berdiri pada tahun 1904, empat negara di wilayah Inggris Raya telah melakukan turnamen sepak bola tingkat nasional. 

Bahkan keempat negara itu juga sudah memiliki federasi sepakbola sendiri - sendiri. Pembentukan organisasi sepak bola dimulai di Inggris (England) dengan membentuk FA (Football Association) pada tahun 1863, selanjutnya, Skotlandia juga membentuk asosiasi sepak bolanya satu dekade kemudian. Pada 1876 Wales membentuk Football Association of Wales. Terakhir, 4 tahun setelahnya Irlandia (saat itu masih bersatu) mendirikan Irish Football Association, yang selanjutnya menjadi milik Irlandia Utara. Hal ini disebabkan karena Repulik Irlandia membentuk FAI (Football Association of Ireland) ketika memisahkan diri dari Inggris Raya pada tahun 1921

Skotlandia memainkan pertandingan pertama antara dua tim sepakbola nasional di Glasgow pada tahun 1872, di depan 4,000 lebih penonton. Dua belas tahun kemudian, tahun 1884, asosiasi sepakbola nasional Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia meluncurkan turnamen British Home Championship, yang diperebutkan hampir setiap tahun selama abad berikutnya.

Pada masa itu, beberapa klub seperti Sheffield FC (bukan Sheffield United atau Sheffiled Wednesday) merupakan klub tertua di dunia, club dari Nottingham (Nott. Forest dan Notts County), Stoke City dan Queens Park FC (bukan Queens Park Rangers atau QPR asal London) dari Skotlandia. 

Sementara itu FIFA baru berdiri tahun 1904. Pada saat itu, empat asosiasi sepakbola di Inggris Raya dianggap terlalu kuat untuk digabungkan, meskipun Jerman dan Austria berpendapat sebaliknya pada saat itu.

Inggris Raya Mempelopori Berdirinya Organisasi Pembuat Aturan Sepak Bola

IFAB

Tidak hanya membentuk asosiasi sepak bola, Inggris Raya juga membentuk IFAB pada tahun 1886. IFAB (International Football Association Board) merupakan organisasi yang mengatur atau membuat aturan tentang permainan sepak bola. FIFA atau konfederasi seperti UEFA, AFC, dll, dan federasi negara anggota FIFA boleh membuat dan mengusulkan aturan sepakbola sendiri. Akan tetapi itu semua harus dikaji dan keputusan terakhir di tangan IFAB. Artinya semua aturan sepak bola yang dibuat harus tetap mendapat izin dari IFAB.

Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya Bergabung dalam FIFA

Tidak ada perwakilan Inggris Raya pada ajang Piala Dunia pertama tahun 1930. Inggris Raya baru memutuskan bergabung dengan FIFA dan mengikuti Piala Dunia setelah perang dunia II selesai. Ketika negara - negara dari Inggris Raya bergabung, FIFA mengalami dilema besar karena seharusnya keempatnya berasal dari satu negara yaitu "United Kingdom" (Inggris Raya). FIFA mempertimbangan bahwa Inggris Raya adalah penemu, penggagas, dan pencipta aturan sepakbola modern, FIFA akhirnya mengizinkan keempat tim sepak bola asal Inggris Raya tersebut untuk berpartisipasi atas nama negara masing-masing.

FIFA sendiri selaku organisasi tertinggi sepak bola internasional tidak membatasi status anggotanya haruslah sebuah negara merdeka yang berdaulat penuh. Negara bagian dalam sebuah persekutuan, termasuk entitas teritori dalam persemakmuran, diperbolehkan mendaftar sebagai anggota FIFA selama mendapat persetujuan negara induk. Oleh karena itu, selain Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara, negara-negara yang belum berdaulat penuh seperti Palestina, Gibraltar, Hong Kong, dan Taiwan juga menjadi anggota FIFA.

Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya di Olimpiade

Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya di Olimpiade

Khusus untuk Olimpiade ini tidak akan terjadi, Inggris Raya hanya boleh diwakili satu tim sepakbola yaitu Inggris Raya (Great Britain) dengan kode GBR. Karena Olimpiade bukan turnamen resmi FIFA tetapi IOC (Komite Olimpiade Internasional) dan tidak masuk kalender sepakbola internasional serta tidak mempengaruhi peringkat FIFA. Itulah sebabnya Inggris Raya jarang mengirimkan tim sepakbolanya. Pada 1900, 1908, 1912, dan 1920 mereka masih berpartisipasi, bahkan pada 1900, 1908, dan 1912 mereka meraih medali emas. Sempat absen pada 1924 dan 1928 kemudian mereka selalu tampil dari 1936 sampai 1960. Setelah itu tidak lolos kualifikasi pada 1964 sampai 1972 kemudian absen cukup lama. Tahun 1960 menjadi keikutsertaan Inggris Raya terakhir di cabang sepakbola Olimpiade sebelum akhirnya tampil kembali pada tahun 2012 ketika menjadi tuan rumah olimpiade.

Di Olimpiade, Inggris Raya menggunakan nama Great Britain bukan United Kingdom. Karena ketika membentuk Tim Olimpiade dan juga Komite Olimpiade mereka (BOA) pada 1905, situasi di Pulau Irlandia masih memanas dan tidak kondusif. Akhirnya, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Irlandia keluar seutuhnya dari Inggris Raya, maka mereka memilih memakai nama Great Britain yang artinya secara Irlandia tidak masuk di dalamnya. Tetapi sampai tahun 1920 sebelum Irlandia membentuk Tim dan Komite Olimpiade sendiri, para atlet dari Irlandia masih diizinkan untuk bergabung dengan Tim Olimpiade Britania Raya. Ketika Irlandia pecah dan mereka membentuk Komite dan Tim Olimpiade sendiri, Irlandia Utara sempa kebingungan harus bergabung dengan Republik Irlandia atau Inggris Raya atau membentuk sendiri.

Referensi:

Belum ada Komentar untuk "Tim Sepak Bola Nasional Inggris Raya yang Terpisah-pisah"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel