Larry Tesler, Penemu Copy Paste

Larry Tesler
Larry Tesler

Larry Tesler adalah adalah pria penemu command copy and paste pada komputer. Larry Tesler lahir pada 24 April 1945 di Bronx, New York City. Ia mulai tertarik pada dunia IT pada tahun 1950an setelah ia mengamati kegunaan IT untuk memprediksi hasil pemilu presiden Amerika. Larry merupakan lulusan program studi Matematika Universitas Stanford. Setelah lulus pada tahun 1965, Larry Tesler menjadi programmer yang bekerja di laboratorium artificial intelligence di Universitas yang sama.

Selanjutnya ia bekerja di perusahaan mesin ketik dan fotocopy, Xerox. Di masa itu, komputer bekerja dalam mode terpisah-pisah, yang artinya user harus berpindah mode jika ingin mengerjakan dua pekerjaan secara bersamaan. Larry Tesler mengembangkan modeless user, yang merupakan konsep di mana user tidak perlu memasukkan kode untuk menjalankan suatu perintah. Misalnya seperti user menekan tombol caps lock untuk memasukkan huruf besar.

Larry Tesler menciptakan command tersebut setelah ia terinspirasi dari prakarya siswa SD di mana mereka bisa memotong gambar (cut) dan menempelnya dalam bentuk kliping yang persis sama (copy & paste).

Di Xerox, ia mempromosikan komputer Alto kepada Steve Jobs, pemilik Apple. Pada tahun 1980 ia keluar dari Xerox dan bergabung dengan Apple, di Apple ia menguji coba command ctrl c, ctrl x, dan ctrl v. Di Apple, Larry Tesler dipercaya untuk menduduki berbagai posisi termasuk Wakil Presiden AppleNet, Wakil Presiden Kelompok Teknologi Lanjutan, dan Kepala Ilmuwan. Larry Tesler bekerja di tim Lisa, dan sangat antusias tentang pengembangan Macintosh sebagai penerus Lisa Ia juga sempat menjabat sebagai chief scientist di Apple. Akhirnya fungsi ini menjadi standard bagi komputer Machintos. 

Selain menemukan command "cut', "copy, dan "paste", Larry Tesler juga dikenal atas penemuannya dalam membuat perangkat lunak dan interdace (antarmuka) pengguna yang lebih mudah diakses. Di samping itu, Larry Tesler juga merupakan pendukung pendekatan desain modeless computation.

Pada tahun 1985, Larry Tesler bekerja dengan Niklaus Wirth dalam menambahkan ekstensi bahasa berorientasi objek ke bahasa pemrograman Pascal, memanggil bahasa baru Object Pascal. Dia juga terlibat dalam pengembangan MacApp, salah satu perpustakaan kelas satu untuk pengembangan aplikasi. Akhirnya, kedua teknologi ini menjadi produk Apple.

Kiprah Larry Tesler yang lain selama bekerja di Apple adalah memimpin tim R&D produk Apple Newton, yang merupakan sebuah personal digital assistants (PDA) yang nantinya menjadi cikal bakal komputer tablet. Selama mengembangkan produk Apple Newton, ia mengusulkan beberapa fitur pada produknya, seperti penghilangan fitur pengenalan tulisan yang dianggap dapat memperberat kinerja device.

Setelah meninggalkan Apple pada tahun 1997, Larry Tesler mendirikan sebuah start-up teknologi yang bernama Stagecast Software. Tujuan Larry tessler membangun start-up ini adalah untuk menciptakan aplikasi yang mudah diakses oleh anak-anak yang ingin mempelajari mempelajari konsep dasar pemrograman.

Tahun 2001 Larry Tesler bekerja di Amazon dan menjabat sebagai wakil president shopping experience di sana. Pada tahun-tahun berikutnya, ia bekerja di beberapa perusahaan teknologi lainnya. Pada tahun 2009, Larry Tesler menjadi konsultan UX yang berbasis di California.

Larry Tesler tutup usia pada usia 74 tahun pada tangga; 16 Februari 2020 di California, Amerika Serikat.

Referensi:
https://www.theguardian.com/technology/2020/feb/28/larry-tesler-obituary
https://peoplepill.com/people/larry-tesler/

Belum ada Komentar untuk "Larry Tesler, Penemu Copy Paste"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel