Monumen Perjuangan Rawagede Wisata Sejarah Kelam (Dark Tourism) di Jawa Barat

Monumen Rawagede
Monumen Rawagede
Monumen ini dibangun untuk mengenang peristiwa Pembantaian Rawagede. Pembantaian Rawagede merupakan peristiwa pembantaian penduduk Kampung Rawagede, Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, yang berbatasan dengan Bekasi, Jawa Barat. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 9 Desember 1947 ketika Belanda melancarkan agresi militer pertama. 

Ketika tentara Belanda menyerbu Bekasi, ribuan orangmengungsi ke arah Karawang. Pertempuran selanjutnya terjadi di daerah antara Karawang dan Bekasi, mengakibatkan jatuhnya ratusan korban jiwa dari kalangan sipil. Pada tanggal 4 Oktober 1948, tentara Belanda melancarkan pembersihan. pada peristiwa ini 35 orang penduduk Rawagede dibunuh tanpa alasan.

Tragedi Rawagede
Tragedi Rawagede
130.000 tentara Belanda dikirim ke Indonesia. Dalam operasinya di Karawang, tentara Belanda memburu Kapten Lukas Kustaryo yang merupakan komandan kompi Siliwangi yang kemudian menjadi Komandan Batalyon Tajimalela/Brigade II Divisi Siliwangi, yang beberapa kali berhasil menyerang patroli dan pos-pos militer Belanda. Pada waktu itu, di Rawagede juga banyak laskar yang berkeliaran, bukan hanya pejuang Indonesia tetapi juga gerombolan pengacau dan perampok.

Pada 9 Desember 1947, sehari setelah perjanjian Renville dimulai, tentara Belanda di bawah pimpinan seorang mayor mengepung Dusun Rawagede dan menggeledah setiap rumah. Mereka melakukan penggeledahan rumah untuk mencari senjata yang berada di rumah warga. Tentara Belanda tidak menemukan senhata sama sekali di rumah-rumah warga. 

Para serdadu Belanda kemudian memaksa seluruh penduduk keluar rumah masing-masing dan mengumpulkan di tempat yang lapang. Penduduk laki-laki diperintahkan untuk berdiri berjejer, kemudian mereka ditanya tentang keberadaan para pejuang Republik. Tetapi,tidak satu pun rakyat yang mengatakan tempat persembunyian para pejuang tersebut. Akhirnya, pemimpin tentara Belanda kemudian memerintahkan untuk menembak mati semua penduduk laki-laki, termasuk para remaja belasan tahun. 


Referensi:
https://m.tempo.co/read/news/2011/12/09/078370766/tragedi-rawagede-seperti-apa-pembantaian-itu
http://www.bbc.com/indonesia/laporan_khusus/2011/12/111206_rawagede.shtml
https://www.antaranews.com/berita/288460/pembantaian-rawagede-sejarah-kelam-zaman-kolonial-belanda

Belum ada Komentar untuk "Monumen Perjuangan Rawagede Wisata Sejarah Kelam (Dark Tourism) di Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel