Sejarah Menarik Universitas Indonesia (UI)

UI Nyaris Dibangun di Ciputat

Sebelum kampus Universitas Indonesia (UI) di Depok, Jawa Barat dibangun pada tahun 1987, Universitas Indonesia memiliki tiga lokasi kampus yang terpisah. Kampus UI menempati lokasi Salemba,  Jakarta Pusat; Pegangsaan Timur, Jakarta Pusat; dan Rawamangun, Jakarta Timur. Selain Depok, sebenarnya ada lokasi lain yang direncanakan akan dibangun Kampus UI, seperti Rumpin, Bogor, dan Ciputat, Tangerang Selatan.

Pada tahun 1960an awal, wilayah Ciputat yang terletak di selatan kota Jakarta masih sangat sepi. Ciputat memiliki banyak kebun dan tegalan. Suasana hening pedesaan yang memiliki sebuah danau atau situ, yang bernama Situ Gintung. Wilayah Ciputat yang asri telah menjadi tujuan bersantai warga Jakarta.

Karena Ciputat memiliki suasana yang hening dan asri, pemerintah Indonesia pada saat itu merencanakan proyek besar yang berlokasi di Ciputat. Pada lahan seluas 400 hektar di Ciputat, pemerintah berencana untuk mendirikan kampus dari universitas terbesar di Indonesia pada saat itu, Universitas Indonesia (UI), yang saat itu baru berlokasi di Salemba, Jakarta Pusat. Rencananya, UI akan dibangun di sekitar Situ Gintung, Ciputat.

UI Ciputat

UI Ciputat

Diresmikan oleh Presiden Soekarno

Pada Hari Sarjana ke-VI yakni tanggal 29 September 1965, terjadi peristiwa bersejarah di Ciputat. Pada hari itu, peletakan batu pertama pembangunan Kampus Universitas Indonesia di daerah Ciputat dilakukan oleh Presiden Soekarno. Peletakkan batu pertama UI tersebut bertepatan dengan acara wisuda bagi para sarjana baru UI. Dalam pidatonya pada acara tersebut, Presiden Soekarno menghimbau terhadap para sarjana yang baru lulus supaya turut serta membantu pembangunan masyarakat adil dan makmur dan mengemban amanat penderitaan rakyat. Sebab menurut beliau, mereka yang berhasil menjadi sarjana hanya dimungkinkan oleh perjuangan dan penderitaan rakyat.


Maket UI Ciputat
Maket Rencana Pembangunan Kampus UI Ciputat

Rencananya, di komplek tersebut akan dibangun ruang-ruang untuk kuliah. Selain ruang kegiatan belajar, pada komplek kampus tersebut, berbagai sarana dan prasarana pendukung seperti laboratorium, perpustakaan, perumahan untuk dosen dan asrama-asrama untuk mahasiswa dan lain sebagainya akan dibangun. Diperkirakan apabila telah selesai, komplek kampus ini dapat menampung 50.000 orang mahasiswa serta 10.000 karyawan dan dosen.

Terhenti Akibat G-30S-PKI

Sayangnya, pembangunan kampus ini tidak berlanjut karena sehari setelahnya, terjadi kudeta berdarah G-30S-PKI yang "membakar Jakarta"

Oleh sebab itu, pada saat masa kini, di Ciputat berdiri komplek Dosen UI, meskipun UI tidak berlokasi di Ciputat.

Referensi:

https://jikn.go.id/index.php/pel...
Sepenggal Kenangan Saya Sebagai Murid tentang Almarhum Prof. Dr. Widjojo Nitisastro - anakUI.com
http://sekar.ui.ac.id/index.php/soekarno-dies-ui-ciputat-1964-2
Sejarah Kilas Balik Berdirinya UI Depok, Begini Kondisi 32 Tahun yang Lalu : Okezone News

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Menarik Universitas Indonesia (UI)"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel