Nasi Jamblang Khas Cirebon

Nasi Jamblang
Nasi Jamblang

Nasi Jamblang atau Sega Jamblang adalah makanan khas kota udang, Cirebon. Nama nasi jamblang berasal dari sebuah nama desa di sebelah barat kota Cirebon, yaitu desa Jamblang, Cirebon. Walaupun bernama nasi jamblang, makanan ini sama sekali tidak ada hubungannya dengan pohon atau buah jamblang.
Sejarah awal adanya Nasi Jamblang diketahui dimulai tahun 1847, yang merupakan masa Penjajahan Belanda. Pada tahun tersebut, pemerintah kolonial Belanda sedang membangun pabrik gula di wilayah Gempol Palimanan, pabrik gula wilayah Plumbon, dan pabrik Spirtus di Palimanan, dan Stasiun Kereta Api. Selain pembangunan pabrik, pembangunan jalan raya sekitar 1000 km (jalan raya pos) yang diinisiasi Gubernur Jenderal H.W. Deandles juga dilakukan. Orang yang bekerja untuk membuatnya adalah masyarakat pribumi.
Selain mendapatkan upah yang sangat sedikit, para pekerja juga rodi ini harus membawa perbekalan sendiri. Nasi merupakan perbekalan utama para pekerja yang dibungkus dengan daun pisang selama menjalankan pekerjaan membuat jalan raya.
Selama membuat jalan raya ini, banyak sekali yang jatuh menjadi korban. Hal ini dikarenakan oleh kelaparan. Kelaparan ini terjadi karena bekal yang dibawanya telah basi, sehingga tidak bisa dimakan kembali.
Melihat hal tersebut, warga bernama H. Abdul Latif dan istrinya, Nyi Pulung alias Tan Piauw Lun mengakali masalah tersebut. Nasi yang tadinya cepat basi kini bisa lebih tahan lama. Jadi, nasi tetap bisa dimakan meskipun telah berhari-hari. Nasi buatan mereka ini dilengkapi berbagai lauk pauk seperti tempe, telur dadar, sambal cabai dan lain-lain.
Cara yang digunakan masyarakat tersebut adalah dengan membungkus nasi dengan daun jati. Daun jati ini memiliki pori-pori besar, mampu mempertahankan nasi menjadi lebih tahan lama. Dengan cara tersebut, nasi yang dibawa tetap pulen.
Lauk Pelengkap Nasi Jamblang

Dalam menyajikan Nasi Jamblang ini, masyarakat terdahulu melengkapinya dengan lauk pauk. Lauknya antara lain daging, tahu, ataupun sambal goreng. Ada juga yang melengkapinya dengan ikan asin dan lain sebagainya. Saat ini, menu favorit nasi jamblang adalah Cumi Tinta.
Hingga saat ini, Nasi Jamblang dapat mudah di temui dalam sudut-sudut Kota Cirebon, diluar Kota, atau bahkan di luar negara. Penyajian makanan ini dilakunan dengan model prasmanan, yaitu model penyajian makanan dengan cara meletakan makanan pada meja panjang.
Referensi:

Belum ada Komentar untuk "Nasi Jamblang Khas Cirebon"

Posting Komentar

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel