The 4 Pests Campaign, Pemberantasan Hama Pertanian yang Berujung Kelaparan



Dekret Mao Zedong

Pada tahun 1950an, Mao Zedong, Presiden RRT (Republik Rakyat Tiongkok) saat itu, mengeluarkan dekrit yang memerintahkan bahwa semua burung-gereja Eurasia harus dibunuh. Mao meyakin bahwa burung ini terlalu banyak memakan biji-bijian, terutama bulir padi, yang dainggap menyebabkan gagal panen.

Mao Zedong meyakini bahwa, burung gereja Eurasia merupakan penghambat pertumbuhan perekonomian RRT. Mao Zedong menjalankan kampanye besar-besaran dalam usahanya memoderenisasi dan meningkatkan kehidupan rakyat Tiongkok waktu itu.
The Four Pests Campaign” atau Kampanye Empat Hama adalah target besarnya, yang merupakan bagian dari Lompatan Besar Kedepan (除四害; Pinyin: Chú Sì Hà) yang dilakukan pada tahun 1958 – 1962.
Poster Kampanye Pembasmian Hama (Chú Sì Hà)
Mobilisasi Masa


Orang-orang dimobilisasi untuk memusnahkan Eurasian Tree Sparrow ini. Salah satu caranya dengan memukul drum dan genderang sekerasnya. Membunyikan alat musik tersebut secara keras dan berulang-ulang bermaksud untuk menakuti burung agar tidak hinggap di tanaman pangan, serta memaksanya terbang kembali hingga mati kelelahan. Sarang-sarangnya juga dihancurkan dan orang-orang dilatih menembaknya saat terbang. Kampanye besar-besaran ini menyebabkan burung-gereja erasia hampir punah saat itu. Sebelumnya, tidak ada data berapa jumlahnya ketika pemberangusan yang dimulai pada 1958 ini.

Ketidak Seimbangan Rantai Makanan Picu Bencana

Tahun berikutnya, masalah serius yang muncul yaitu meningkatnya persebaran serangga yang menyerang tanaman pangan. Setelah burung gereja hilang, belalang yang merupakan pakannya bertambah pesat jumlahnya karena tidak adanya lagi predator
Sementara banyak penyakit menular telah diberantas, 1 miliar burung gereja, 1,5 miliar tikus, 100 juta kilogram lalat, dan 11 juta kilogram nyamuk serentak dimusnahkan. Namun, pada bulan April 1960, burung-burung gereja menjadi jelas tidak hanya memakan biji-bijian, mereka juga memakan sejumlah besar serangga.
Produksi padi di berbagai kawasan turun drastis. Sejarah kelam mengenai kelaparan massal  pun dimulai. Akibatnya, jutaan orang kehabisan bahan makanan. Jumlah korban meninggal, menurut sumber resmi Pemerintah Tiongkok, sekitar 15 juta orang, yang diyakini para ahli jumlahnya jauh lebih banyak, antara 45 – 78 juta jiwa.
Referensi:

1 Komentar untuk "The 4 Pests Campaign, Pemberantasan Hama Pertanian yang Berujung Kelaparan"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel